Siaga Erupsi Gunung Agung Bali, LPB dan LAZISMU PWM DIY berangkatkan 5 Realwan.

Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Wialyah Muhammadiyah (LPB PWM) D.I. Yoyakarta (DIY) kerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqoh Muhammadiyah (LAZISMU ) DIY telah memberangkatan tim respon siaga erupsi status awas Gunung Agung di Bali pada Rabu, 27/09/2017. Aksi cepat tanggap dari LPB PWM DIY ini akan berlangsung sampai  senin, 09/10/2017.

Rombongan ini di ketuai oleh Agung Nugraha tim dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) DIY. Menurut Agung selama 12 hari timnya akan melakukan pembenahan sistem posko yg ada, pelayanan kesehatan, pelayanan kegiatan anak-anak, membentuk dan melatih relawan local, , mengkordinasikan antar lembaga yg bergerak dalam kebencanaan, memfungsikan peran masyarakat dalam penanggulangan bencana, dan meneruskan pelayanan terhadap masyarakat yang terdampak dari erupsi gunung Agung.

Selain itu, tugas utama dari tim ini adalah melakukan kaji cepat awal dan pendampingan Posko PWM Bali. Menurut subkhan fauzi relawan MDMC DIY mengatakan,  hasil dari kajian tim di lokasi Camp Pengungsian Kecamatan Manggis yang menempati ex pasar seni belum terpenuhi oleh pemerintah mengenai menjaga Privasi dari Pengungsi di camp tersebut.

Fauzi menambahkan, bahwwa ada sekitar 98 keluarga yang mengungsi di camp tersebut. “camp ini ada sekitar 98 KK, sehingga kami dari MDMC membuat inisiatif untuk melakukan penyekatan semi permanen antara camp Keluarga dengan triplek yang selama ini hanya menggunakan terpal, hal ini dilakukan untuk mencegah permasalahan sosial yg akan timbul”. Imbuh Fauzi.

Selain melakukan aksi cepat tanggap terhadap pengungsi, tim MDMC juga melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang TB-HIV dan kesehatan reproduksi remaja, hal ini dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi adanya penyebaran dan penularan penyakit di lokasi pengungsian.

Sementara itu, untuk melakukan program tersebut, Fauzi mengatakan, “akan membutuhkan dana kurang lebih 95 juta untuk menjalankan program-program tersebut, sehingga kami membutuhkan donasi untuk membantu saudara  kita korban erupsi Gunung Agung Bali. (UQ)

Bantua Donasi biasa disalurkan memalui LAZISMU DIY melalui :

BNI Syariah : 045-2599-825   a.n Lazsimu DIY

juga biasa langsung ke Kantor Lazismu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I Yogyakarta. jl. Gedungkuning 130B Yogyakarta.

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top