Search

LAZISMU RAIH BAZNAS AWARD 2023 KATEGORI PROGRAM KEMANUSIAAN TERBAIK

JAKARTA — Lazismu kembali menorehkan prestasi dalam kancah nasional. Hal ini ditandai dengan penghargaan yang diterima melalui ajang BAZNAS Award 2023 yang digelar di Puri Agung, Hotel Sahid Jakarta, Selasa (21/03). Pada kesempatan ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI memberikan penghargaan kepada para tokoh, lembaga hingga perguruan tinggi yang memberikan kontribusi positif bagi pengembangan zakat nasional. Acara ini pun sekaligus menjadi momen ulang tahun BAZNAS ke-22.

Pada kesempatan ini, Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan potensi zakat dapat tergali dengan maksimal dengan terus mengembangkan ekosistem zakat tersebut. Edukasi kepada masyarakat tentang zakat pun harus terus dijalankan, agar dapat memahami apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah. Pengelolaan zakat pun harus terus dilakukan secara profesional oleh pihak pengelola zakat.

“Penghimpuanan dan pemanfaatan zakat serta dampaknya diharapkan akan makin meningkat dan dampaknya semakin luas dan nyata. Komponen utama zakat berasal dari kompenen asal usul zakat. Muzakki, amil zakat, dan mustahik dari aspek perencanaan, pengumpulan dan penyaluran dikelola dengan profesional dan amanah, serta sertifikasi terhadap para muzakki,” tegas Ma’ruf Amin.

Ketua BAZNAS RI, Noor Ahmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa tren yang terjadi dalam dua tahun sebelumnya sangat mengejutkan. Selama pandemi, masyarakat giat berderma untuk saling tolong menolong. Bahkan menurutnya, pihak generasi muda pun turut serta menjadi tokoh utama dalam menyalurkan dana infak.

“Selama Covid, kekuatan zakat ternyata luar biasa bagi masyarakat dan dinanti oleh masyaraakat. Berkahnya luar biasa dan mudah-mudahan berakhirnya Covid salah satunya karena zakat. Peningkatan jumlah zakat serta keiktsertaan anak muda harapannya keberadaan zakat bisa mengentaskan kemiskinan,” ungkap Noor Ahmad.

Dalam gelaran yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI, para Menteri, perwakilan ormas Islam, tokoh masyarakat, dan tamu undangan ini Lazismu meraih penghargaan terbaik dalam kategori Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) dengan Program Kemanusiaan Terbaik. Penghargaan diterima oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang diserahkan oleh Deputi BAZNAS RI, Arifin Purwakananta.

Penghargaan ini diterima dengan penuh syukur oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Ahmad Imam Mujadid Rais. Menurutnya, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi para amil untuk terus meningkatkan kinerja. BAZNAS Award ini pun akan dapat meningkatkan kepercayaan publik.

“Alhamdulillah Lazismu mendapatkan penghargaan dengan kategori LAZ (Lembaga Amil Zakat) dengan Program Kemanusiaan Terbaik dalam Baznas Award 2022. Semoga dengan diperolehnya penghargaan ini menjadi motivasi bagi Lazismu untuk terus meningkatkan kinerjanya dan memberi dampak serta manfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, apresiasi BAZNAS ini diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS)-nya melalui Lazismu,” ujar Rais.

Sehubungan dengan akan menghadapi bulan Ramadhan ini, lanjut Rais, pihaknya juga mengajak masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah untuk menyalurkan ZIS-nya melalui Lazismu. “Mari kita isi momentum Ramadhan dengan ber-fastabiqul khoirot dalam menjalankan ibadah kita, khususnya ZIS. Semoga amal ibadah kita mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT,” ajaknya.

Serupa dengan Rais, Direktur Utama Lazismu PP Muhammadiyah, Edi Suryanto yang turut serta mendampingi juga menegaskan bahwa penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Terlebih lagi dalam hal program-program kemanusiaan, sesuai dengan kategori yang diraih oleh Lazismu dalam BAZNAS Award 2023 ini.

“Dengan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Demikian pula dalam pengadministrasian program-program kemanusiaan, mulai dari kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan rehabilitasi serta rekonstruksi, sehingga tercipta ekosistem dalam program kemanusiaan yang dapat melibatkan lebih banyak pihak dan mitra kerja sama, sehingga program dapat memberikan dampak bagi penerima manfaat, terukur, dan berkesinambungan untuk pemenuhan berbagai indikator dalam pencapaian SDGs,” terang Edi.

Penghargaan yang diterima oleh Lazismu dengan Program Kemanusiaan Terbaik dalam BAZNAS Award 2023 turut menambah capaian yang telah diraih. Sebelumnya, Lazismu telah meraih penghargaan Pemenang Terbaik I Kategori Filantropi dalam Indonesia’s SDGs Action Awards 2022. Penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada berbagai pihak yang turut mendukung pencapaian SDGs.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top