Lazismu Pundong Saluran 1000 paket Sembako

BANTUL — Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu)Kapanewon Pundong menggelar kegiatan pentasharufan (penyaluran,red) sembakotahap II di Balai Kalurahan Seloharjo, Pundong, Bantul, Minggu(19/12/2021). Untuk hari ini ditasharufkan 500 paket sembako bagi warga di 16 pedukuhan se Seloharjo dengan nilai setiap paket Rp 100.000.

Adapun untuk data penerima, mereka menjalin kerja sama dengan pihak pedukuhan. Dengan demikian bantuan bisa tepat sasaran pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Di antaranya dari keluarga kurang mampu, dhuafa, yatim /yatim piatu, ataupun penyandang disabilitas.

“Penyerahan ini hanya simbolis mengingat situasi yang ada. Dan nantinya sembako akan diantar ke padukuhan masing-masing oleh relawan Lazismu yaitu Angkatan Muda Muhammaduyah (AMM) dan Kokam Pundong,” terang Ahmad,

Bukan hanya penyaluran sembako, Lazismu Pundong juga banyak melakukan kegiatan untuk membantu kesulitan masyarakat. Termasuk dalam situasi pandemi Covid-19 banyak warga masyarakat yang terdampak. Di antaranya dengan penyediaan armada ambulans gratis termasuk sopir dan BBM bagi warga yang membutuhkan. Hingga penjemputan dan pengantaran ke RS.  Oxigen gratis, oximeter hingga membantu pemakaman jenazah Covid-19. Juga ada bantuan modal kerja atau pemberdayaan  UMKM serta pendampingan usaha untuk memastikan  usaha berjalan dengan baik.

“Misalnya saja pelatihan membuat cilok, dawet atau yang lain. Kita tidak hanya selesai pelatihan saja, tapi kita dampingi dan monitor usahanya. Sehingga bisa berkembang dengan baik,” kata Ahmad. Ada  pula program makan Jumat  berkah berupa penyediaan makan usai sholat Jumat secara berkeliling di masjid yang ada di Pundong, beasiswa mentari, siaga bencana, serta bedah rumah. Dan untuk tahun ini dana  yang telah tersalurkan untuk berbagai program tadi Rp 800 juta.

Ditambahkan Ahmad sejak awal terjadinya Covid-19 dari tahun

2000 hingga pertengahan 2021, Lazismu Pundong juga sudah menyalurkan 2.000 paket sembako baik kepada yang terdampak ataupun yang menjalani isolasi mandiri. Dan bagi masyarakat yang  saat ini membutuhkan bantuan, Lazismu Pundong siap untuk membantu dengan alamat kantor di Jalan Joyowinoto, barat polsek Pundong serta Kompleks Masjid  Ahmad Dahlan Jalan Parangtritis Km  KM 17,5 Derso (utara Pavajo).

“Untuk tahun lalu kita tasharufkan Rp 980 juta atau hampr Rp 1 miliar. Dana tersebut dari para donatur, tidak hanya dari wilayah Pundong, namun juga luar DIY yang kebetulan ikut tergerak untukdonasi,” terangnya. (*)

Sumber: KORANBERNAS.ID

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top