Lazismu DIY Serahkan Donasi Peduli Palestina Rp 3,5 Milyar

Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam acara One Day With Lazismu melalui zoom meeting menyerahkan donasi peduli Palestina senilai Rp 3.540.034.659,- Sabtu (19/6). Donasi tersebut dapat terkumpul dalam kurun waktu satu bulan sejak dibukanya donasi pada tanggal 15 Mei yang lalu.

Penyerahan donasi peduli Palestina merupakan hasil pengumpulan Lazismu se-DIY dari lima Kabupaten/Kota di wilayah DIY. Dalam rincian penghimpunannya, Kabupaten Bantul merupakan kabupaten penghimpun donasi terbanyak dengan jumlah Rp 1.057.197.622,- kemudian disusul Kabupaten Sleman sejumlah Rp 836.968.300,- untuk Kabupaten Gunungkidul sejumlah Rp 499.175.500,- kota Yogyakarta sebesar Rp 444.35.269,- Kabupaten Kulonprogo sebesar Rp 409.370.000,- dan penghimpunan dari kantor wilayah Lazismu DIY sebesar Rp 292.957.968,-.

“Penyerahan donasi 3.5 milyar ini yang dihimpun oleh Lazismu se-DIY akan diserahkan ke Muhammadiyah Aid melalui Lazismu Pusat, dan akan dijalankan dalam bentuk beberapa program untuk masyarakat Palestina” ungkap ketua Badan Pengurus Lazismu DIY, Cahyono

Pengelolaan dana umat dalam Muhammadiyah seperti dikutip oleh media muhammadiyah.or.id yang dititipkan Lazismu untuk Palestina ada tiga bentuk, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Pada jangka pendek akan diberikan bantuan berupa obat-obatan, makanan dan selainnya, nantinya akan diberikan juga bantuan makan untuk program kurban berupa kemasan kaleng daging. Untuk jangka menengah, berupa pemberian beasiswa studi jenjang S-1, S-2, dan S-3 kepada anak muda yang ada di Palestina baik di Universitas Islam Gaza ataupun di Universitas milik Muhammadiyah seperti UM Purworejo.

Muhammadiyah juga akan mendirikan sekolah bagi para pengungsi Palestina. Program lainnya seperti pemberian kaki palsu dan pelayanan rutin kesehatan juga dilakukan. Kemudian untuk program jangka panjang dalam upaya Muhammadiyah Aid adalah mewujudkan perdamaian dan rekonsiliasi, mengupayakan solusi paling rasional yakni mempelopori konvensi maupun dokumen perjanjian.

Selain penyerahan donasi peduli Palestina, program acara One day with Lazismu yang dihadiri oleh ketua PWM DIY Gita Danupranata, ketua MLO (Majelis, Lembaga dan Ortom) PWM DIY dan pimpinan Lazismu Daerah se-DIY, merupakan agenda pentasyarufan Lazismu DIY untuk beberapa penyerahan, seperti penyerahan dana program untuk 6 pilar Lazismu yang diserahkan kepada MLO (Majelis, Lembaga dan Ortom) PWM DIY, penyerahan program Zakat Fitri Berdayakan Umat untuk 20 Keluarga Berdaya, penyerahan dana program Peduli Covid-19 melalui MCCC DIY dan penyerahan dana program siaga bencana melalui LPB DIY. (Rizal/D)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Temukan kami di

Mari Membaca