Lazismu Berbah Adakan Pentasyarufan 1000 ParselMU

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Dalam mewarnai dan menyemarakan bulan Ramadan tahun 1443 Hijriah ini, Lazismu Berbah mengadakan kegiatan Pentasyarufan 1000 ParselMU pada hari Senin, 11 April 2022. Kegiatan tersebut berpusat di SD Muhammadiyah Pajangan 1. Dalam kegiatan ini, turut terhadiri oleh beberapa tamu undangan. Di antaranya meliputi dari Pimpinan Pimpinan Ranting Sendangtirto Selatan, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sendangtirto Selatan, Pengurus dan Pengelola Lazismu Berbah, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah se Sendangtirto, Kepala TK ABA se sendangtirto, dan Kepala PAUD se Sendangtirto.

Tujuan terselenggarakannya Pentasyarufan ParselMU ini adalah berlandaskan dari denyut nadi Muhammadiyah. Gerak yang tergerak dari pelbagai bidang elemen sosial, kemasyarakatan, pendidikan, agama, dan budaya. “Jadi Lazismu berkolaborasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Berbah ingin mengembirakan seluruh elemen Muhammadiyah, baik pengurus maupun pengelola amal usaha dan aset, termasuk masjid Muhammadiyah. Itulah target dan tujuan dari ParselMu ini”, tutur Tri Kuncoro Atmodjo, ST saat di wawancarai di SD Muhammadiyah Pajangan 1.

Menurutnya, 1000 Parsel ini akan disampaikan kepada Korps Mubaligh Muhammadiyah, Guru-guru Muhammadiyah, dan kepada Jamaah Masjid AUM Muhammadiyah se wilayah Berbah. “Beberapa telah kita laksanakan kemarin pentasyarufan untuk Korps Mubaligh Muhammadiyah pada 30 Maret 2022 di SMP Muhammadiyah 1 Berbah. Kita mengundang sebanyak 80 Mubaligh Muhammadiyah. Dan saat ini kita tasyarufkan sebanyak 150 untuk pengelola Amal Usaha Pendidikan, yaitu untuk guru dan karyawan di wilayah Sendangtirto Selatan, Utara, dan Tengah. Nanti kita menyusul tentunya di ranting-ranting yang lain juga”, pungkasnya.

Pihaknya mengungkapkan bahwa telah menyiapkan parsel untuk yatim-piatu dan fakir miskin melalui Ranting ‘Aisyiyah Sendangtirto Selatan. Kegiatan ini biasanya kami lakukan mendekati momentum Hari Raya Idulfitri. “Jadi memang mekanisme pengadaan ParselMu tentu saja bekerja sama dengan ranting-ranting. Nah, hari ini kita bekerja sama dengan Ranting Sendangtirto Selatan dan Utara yang mana mereka turut mensuport”, imbuhnya.

Baginya, Lazismu Berbah ini sangat unik. Sebab banyak memiliki program, tetapi di satu sisi pada Lazismu yang lainnya belum memiliki program. Program yang bisa di serap kemaslahatan dan kemanfaatannya oleh jamaah dan umat secara universal. Seperti bidang kesehatan yang kridanya memberikan pinjaman kursi roda secara prodeo. “Sampai saat ini kita memiliki sekitar 17 sampai 18 buah kursi roda sedang terpakai oleh jamaah dan umat. Jadi, kita pinjamkan gratis tanpa adanya batas waktu tertentu sampai dengan sekiranya selesai dipergunakan,” tandasnya.

Selain kursi roda, pihaknya juga turut andil dalam menghadapi wabah virus Covid-19 dengan berkontribusi meminjamkan kepada umat yang terpapar virus Covid-19 berupa tabung oksigen. “Karena pengalaman kami kemarin pada saat Covid-19 ternyata pengadaan tabung oksigen itu ternyata sangat sulit. Sehingga dari Lazismu Berbah ini berinisiatif untuk mengadakan program ini. Dari jumlah 9 tabung oksigen yang dimiliki, saat ini hanya tersisa dua buah dimana satunya berada di mobil ambulance dan satunya lagi berada di kantor. Lainnya di pakai oleh jamaah,” ucapnya.

Lazismu Berbah juga mencoba untuk menjembatani dan mengomunikasikan dengan majelis dengan majelis yang ada. Untuk saat ini Lazismu Berbah tengah membentuk bersama Majelis Ekonomi bertajuk “Muhammadiyah Maintenance goulding and contraction”. Titik tuju dari bentuk kerja sama ini untuk membantu lembaga dalam perawatan dan pembangunan gedung. “Harapan kami AUM itu di dalam pemeliharan dan pembangunan gedung bisa kita tangani bersama, guna termanifestasi kualitas yang bagus dan efisiensi yang maksimal,” katanya.

Menurut pengungkapannya, Lazismu Berbah ini baru mendapatkan SK pada tahun 2021. Walaupun pada tahun 2019 sudah di rintis. Akan tetapi pada tahun 2021 ini baru mendapat SK resmi dari Lazismu Pimpinan Daerah Sleman dengan nomor 34/BP/KEP/III.17/B/2021. Beberapa anggota yang mengurusi Lazismu Berbah meliputi. Saiful Rijal, SH., MM (ketua), Muhammad Yunan Nurtriatno, SSTP., MSc (sekretaris), Tri Kuncoro Atmojo, ST (bendahara), Drs Muhammad Darum, SAg (kepala kantor), Nurma Tri Amalia, SIKom (administrasi), Muhammad Raihan Firmansyah (fundraiser), Sutarumbodo dan Iswanto (driver).

Satu lagi program dari Lazismu Berbah mewujud pada Tim Bersih MCK masjid. Kegiatan ini kami lakukan di seluruh wilayah Berbah setiap hari Jumat. Program ini tidak dikenakan biaya sama sekali, artinya para jamaah dan umat bisa memanfaatkannya dengan senang hati dan tentunya harapannya bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Program ini telah terejawantah selama tempo 3 bulan sampai saat ini.

Aktualisasinya dari sisi sosial-kemasyarakatan Lazismu Berbah membangun toilet gratis untuk para tukang ojol. Di wilayah Krikilan (Timur Kantor Lazismu Berbah) ada tempat mangkal ojol yang mencari rezeki bagi keluarga terkasih, di mana tatkala hendak buang hajat dipandang kesulitan, bahkan parahnya melanggar syariat Islam dengan kebutuhan mendesak, akhirnya buang hajat di bawah pohon atau di tempat sekitarnya, sehingga tidak bisa berthaharah.

“Dari situ, kita rapatkan di tim Lazismu Berbah, dan akhirnya kita buatkan toliet gratis untuk tukang ojol Krikilan. Sebuah daerah yang sangat strategis dan Alhamdulillah sangat bermanfaat. Dari siang sampai malam hari, kita pantau pemakainya cukup banyak,” pungkasnya. (Cris)

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top