Search

Konsep Konsistensi Penguatan Akidah dan 3T Lazismu DIY

Untuk mempersiapkan Iduladha 1445 H, LAZISMU DIY mengawali dengan rakorusus (rapat koordinasi khusus) kurban untuk menyamakan persepsi terkait sukses penghimpunan dan petasyarufan atau pendstribusian ke lokasi-lokasi rawan pendangkalan aqidah dan 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) baik itu penyalurannya melalui AUM Sekolah ataupun PCM setempat yang berada di lokasi tersebut.

LAZISMU DIY sendiri menerima dua bentuk program kurban yaitu kurban utuh berupa hewan sapi dan kambing serta tunai atau transfer. Ada 7 ekor sapi dalam bentuk tunai atau transfer dan 16 ekor sapi utuh. Kemudian 98 ekor kambing dalam bentuk tunai atau transfer dan 83 ekor kambing utuh. Tak hanya itu LAZISMU juga menyalurkan 4 ekor kambing ke Palestina dan juga 137 sedekah daging.

“Harapannya terbentuk konsolidasi organisasi supaya strategi penghimpunan berjalan baik dan maksimal. Selain itu juga semakin luasnya jangkauan penerima manfaat kurban dari LAZISMU. Alhamdulillah melihat data yang masuk, tahun ini mengalami kenaikan jumlah shohibul kurban, angka penghimpunan, dan penerima manfaat” ungkap Jefree Fahana, ST., M.Kom selaku Ketua Badan Pengurus LAZISMU DIY.

Tujuan dari program ini yaitu untuk kurban kalengan, tentunya menjadikan daging kurban lebih lama pemanfaatannya hingga 1-2 tahun, sehingga proses distribusi semakin mudah. Sedangkan untuk kurban internasional, melalui LAZISMU Pusat membantu warga Palestina dalam upaya kurban di negeri palestina sehingga dapat membahagiakan warga palestina yang saat ini sedang di dzalimi oleh Israel. Selain itu juga ada kerjasama dengan BPKH untuk distribusi hewan kurban dan penyembelihan yang lokasinya sudah ditunjuk oleh BPKH langsung.

Tahun ini LAZISMU DIY kembali bekerja sama dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah, BPKH, dan Mitra perbankan seperti BPD Syariah DIY, BSI, Bank Permata Syariah, dan lainnya.

“Harapan terkait program ini kedepannya upaya mensukseskan program-program ini di tahun depan tentu harus dilakukan evaluasi saat pelaksanaanya, kemudian dirumuskan strategi capain lebih baik lagi, sehingga program berjalan semakin lebih baik lagi,” tambah Jefree.

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top