Search
Karena Zakatmu, Siswa ini Sukses buat Produk Styrofoam Ramah Lingkungan. Produk Styrofoam Membuat Kreasi Dengan Meninggalkan Limbah Yang Ramah Lingkungan.

Karena Zakatmu, Siswa ini Sukses buat Produk Styrofoam Ramah Lingkungan

Karena Zakatmu, – Ecostyro : Produk Styrofoam Membuat Kreasi Dengan Meninggalkan Limbah Yang Ramah Lingkungan.

Reysa Halwa merupakan siswi dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebagai ketua tim dari “Ecostyro”. Tak sendiri, dalam melakukan pengembangan usaha ini, Resya dibantu dengan tiga kawan lainnya yang berasal dari sekolah yang sama. 

Tim Ecostyro membuat sebuah inisiasi styrofoam yang limbahnya ramah lingkungan. Resya menyampaikan bahwa, “sampah dari styrofoam ini terus bertambah dan akan memicu terjadinya kanker”. Selain itu, styrofoam memiliki sifat yang lama terurai sehingga akan menimbulkan lingkungan yang tidak sehat.

Baca Juga: Ciptakan Inkubasi Saudagar Muda Muhammadiyah, Lazismu DIY Gandeng Perbankan

Karena Zakatmu, Siswa ini sukses buat Styrofoam Ramah Alam

Dalam melakukan realisasi ide yang telah disiapkan oleh tim Ecostyro dibutuhkan dana untuk mengakomodir kebutuhan. Program Lazismu DIY yang bekerjasama dengan PT BPRS Harta Insan Karimah Mitra Cahaya Indonesia, yaitu “Saudagar Muda Muhammadiyah” menjadi penolong tim Ecostyro untuk bisa merealisasikan ide berliannya. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha para siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah agar menjadi penguasa yang berpotensi di masa depan.

Baca Lainnya: LAZISMU GELAR KARYA PROGRAM INKUBASI SAUDAGAR MUDA MUHAMMADIYAH

Styrofoam produk dari tim Ecostyro berasal dari bahan alam, yaitu tongkol jagung.  Proses pembuatan produk ini tidak begitu rumit, dimulai dari menggiling tongkol jagung. Kemudian menyiapkan bahan kimia sesuai takaran dan dicampur dengan air. Lalu, masing-masing bahan dicampur. Dan apabila adonan sudah mulai kering dimasukkan ke dalam cetakan.
Produk styrofoam ramah lingkungan masih dalam tahap mencari cetakan dan formula yang pas untuk menghasilkan kualitas yang terbaik”, ujar Resya.

(Digital Fundraising Lazismu DIY / Raihan Syaima)

Scroll to Top