Kantor LAZISMU Mergangsan Menjadi Mitra Asian Development Bank Untuk Program Layanan Lansia Terintegrasi

Yogyakarta-Kantor Layanan LAZISMU Mergangsan mendapatkan kehormatan dan diundang oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN/BAPPENAS) dalam kegiatan lokakarya bertema “Pelatihan Layanan Informasi dan Rujukan Terpadu Kelanjutusiaan” pada Rabu-Kamis, 10-11/05/2023.

Kegiatan yang diselenggarakan berkat kerjasama dari Asian Development Bank (ADB) dan Pemerintah Republik Indonesia ini dilaksanakan secara serentak dan terpadu dari dua tempat, yaitu di Hotel Gaia Cosmo Kota Yogyakarta dan Hotel Prime Plaza Sanur Denpasar Bali.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program yang telah direncanakan sejak Tahun 2019 dengan maksud dan tujuan untuk membuat sebuah layanan bagi warga lanjut usia yang terintegrasi dan dapat diakses dengan cepat dan mudah. Karena layanan yang ada selama ini masih terpecah-pecah dan tersebar di beberapa wilayah kerja, baik di jaringan layanan Pemerintah maupun swasta/komunitas, sehingga menyulitkan bagi warga lanjut usia untuk bisa mengaksesnya secara cepat.

Kegiatan ini dimulai dengan membentuk pilot project tim/kelompok yang disebut sebagai Tim Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) di 5 wilayah di Indonesia, yaitu :

  1. Kalurahan Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY
  2. Kalurahan Banyuraden, Gamping, Sleman, DIY
  3. Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY
  4. Desa Melinggih, Payangan, Gianyar, Bali
  5. Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

Dengan sistem kerja LLT yang berfungsi sebagai hub, maka sejak tahun 2022 LLT Kalurahan Wirogunan menggandeng Lazismu Mergangsan untuk menjadi mitra pemberi layanan transportasi Ambulanmu bagi warga lanjut usia yang membutuhkan.

Hal ini berawal dari aksi-aksi layanan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Lazismu Mergangsan kepada warga masyarakat melalui masjid-masjid dan pengajian-pengajian, yang mempromosikan bahwa Lazismu Mergangsan menyediakan layanan transportasi Ambulanmu yang dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat secara gratis, yang kemudian ditangkap oleh tim LLT Kalurahan Wirogunan sebagai bagian dari sumber daya yang dapat diandalkan untuk kesuksesan program LLT di wilayah Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Pada pelatihan tersebut Lazismu Mergangsan juga diminta untuk memberikan pemaparan singkat tentang profil lembaga dan program-program yang dimiliki yang dapat disinergikan untuk program LLT ini. Tri Haryanto menyampaikan bahwa saat ini kerjasama kemitraan yang telah berjalan dengan LLT Kalurahan Wirogunan baru dalam bentuk layanan transportasi Ambulanmu, namun ke depan tidak menutup kemungkinan dapat dikembangkan untuk program-program yang lebih besar, karena di Lazismu sendiri ada banyak program yang dapat disinergikan, seperti layanan Senior Care (Sayangi Lansia), Senam Jantung dan Diabetes, End TB, dan lainnya.

Pemaparan tersebut ternyata mendapatkan respon yang sangat positif, baik dari tim LLT di wilayah lainnya (di luar Wirogunan), maupun dari pihak ADB yang diwakili oleh Peter Chan, maupun oleh pihak Survey Meter sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Dr. Ni Wayan Suriastini, M.Phil. Sebagian besar mereka sangat berharap bahwa kerjasama tersebut bisa dilakukan juga oleh Lazismu yang ada di wilayah pilot project LLT lainnya. Karena potensi sumber daya yang dimiliki oleh Lazismu yang sangat besar yang dapat diakses oleh LLT demi memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih holistik akan kebutuhan para warga lanjut usia.

Sumber : Tafak Kuruddin/KL. LAZISMU Mergangsan

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top