Jelang Ramadhan Lazismu Pundong lakukan Program 1000 Paket Sembako

Bantul – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Pundong melakukan kegiatan  pentasharufan tahap III program 1.000 paket sembako untuk yatim, piatu dan duafa di 17 pedukuhan se-Kalurahan Srihardono, Minggu (13/3/2022).

Penyerahan bantuan secara simbolis yang berlangsung di aula Kapanewon Pundong Bantul kali ini dihadiri jajaran Forkompimkap Pundong, Ketua PCM Pundong Sudaryanto, Pimpinan Cabang Aisyiyah Pundong, Aisyiyah Ranting Srihardono, Direktur Lazismu  Pundong Ahmad Sholihin, Lurah Srihardono Awaludin, badan otonom dan perwakilan penerima.

Sembako yang dibagikan sejumlah 500  paket yang diantar ke pedukuhan se-Kalurahan Srihardono oleh relawan Lazismu yakni Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan Kokam Pundong.

Alhamdulillahnggih kula matur nuwun sanget. Remen. (Alhamdulillah, iya saya terimakasih sekali. Bahagia),” kata Wariyem warga Pedukunan Piring. Baginya, bantuan tersebut sangat besar manfaatnya.

Ahmad Sholihin menjelaskan kegiatan ini adalah penthasarufan (penyaluran) tahap III dan dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Jumlahnya 500 paket sembako bagi warga Kalurahan Srihardono.

Penthasarufan tahap 1 dilakukan 19 Oktober 2021 bertepatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk 14 pedukuhan se-Kalurahan Panjangrejo berupa 350 paket sembako. Penthasarufan kedua dilakukan 19 Desember 2021 untuk warga Kalurahan Seloharjo.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menerima, terkait pemenuhan kebutuhan pokok di tengah pandemi,” kata Ahmad.

Selain program paket sembako, Lazismu Pundong juga memiliki program pengelola ZIS, pelayanan ambulans untuk masyarakat, nasi jumat berkah, beasiswa untuk yatim dan duafa, pemberdayaan UMKM, bantuan guru honorer, hafidz Quran dan bedah rumah.

Lazismu juga memiliki program droping air bagi daerah yang kekeringan serta siaga bencana sehingga ketika terjadi bencana bisa langsung bergerak. Lalu, dilanjutkan penggalangan dan pentasharufan misalnya saat bencana letugas Gunung Semeru Lumajang. “Saat ini kami sedang melakukan  penggalangan untuk korban gempa Pasaman Sumatera Barat,” katanya.

Pengumpulan donasi Lazismu tidak hanya di wilayah Pundong saja, namun juga dari daerah lain sebab sudah dikembangkan secara digital melalui grup-grup whatssap. Saat ini juga dikembangkan website lazismupundong.org sehingga jangkauan lebih luas.

Sudaryanto memberikan apresiasi kepada Lazismu Pundong yang sudah mengembangkan website agar jangkauan donatur  bisa lebih lebih luas. “Saya berharap bantuan yang diserahkan ini memberikan manfaat bagi yang menerima,” katanya. (*)

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top