Besaran Zakat Fitrah Ramadhan 1443 H atau 2022 M di Yogyakarta

Lazismu D.I. Yogyakarta – Banyak yang menanyakan berapa besaran zakat fitrah ramadhan 1443 H di yogyakarta? Menjelang memasuki lebaran idul fitrah 1443 H, kewajiban umat muslim adalah dengan membayar zakat fitrah sesuai tuntunan nabi Muhammad SAW. Hal tersebut menjadikan simbol kepedulian sosial terhadap keluarga dhuafa.

Landasan Dalil


• Ayat Al quran
“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemapuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberiakn kelapangan sesudah kesempitan” (QS. At – Thalaq: 7)

• Al Hadits
“Diriwayatkan dari Abdullah ibnu Umar ra berkata, bahwa rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitri pada bulan ramadhan atas setiap jiwa orang muslim, baik merdeka maupun budak, laki-laki ataupun wanita, kecil ataupun besar, sebanyak satu sha’kurma atau gandum” (HR. Muslim)

Perintah mengeluarkan zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan diri setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan

Besaran Zakat Fitrah Ramadhan 1443

Setiap kepala wajib mengeluarkan Zakat fitrah sebesar satu sa’ dari makanan pokok. Jika dihitung menggunakan beras, maka besaran sekitar 2,5 kg. Sebagai contoh, jika harga beras di pasar rata-rat Rp 11.500 per kg. Maka zakat fitrah yang harus di kelurkan per orang = 2,5 kg x Rp 11.500 = Rp 28.750. Apabila dalam sebuah keluarga terdiri dari enam orang, maka zakat fitrah yang harus anda wajib membayar 6 x Rp 28750 = Rp 172.500

Cara Bayar Zakat Fitrah Ramadhan 1443

Menunaikan zakat fitrah saat ini lebih mudah dengan menggunakan website. Kemudahan ini akan membantu bagi umat muslim untuk menunaikan kewajibannya selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pembayaran zakat fitri dilakukan dari awal bulan Ramadhan sampai sebelum menjalankan sholat ied idul fitri.


Berikut cara pembayaran zakat fitrah secara online melalui platform Lazismu DIY:

  1. Langkah Pertama Kunjungi lama https://lazismudiy.or.id/
  2. Lalu klik kolom Zakat
  3. Kemudian pilih menu Zakat Fitrah, dan klik menu tersebut
  4. Selanjutnya Klik “Donasi Sekarang”
  5. Kemudian masukkan nomial, pilih metode pembayaran, tuliskan nama lengkap, No Whatsapp atau Handphone, dan email
  6. klik donasi
  7. Dan akan muncul notifikasi di handphone untuk melanjutkan proses pembayaran

Related Posts

Tinggalkan komentar

Translate »