Search
Bersama Pamella Supermarket, LAZISMU DIY Dorong Pemberdayaan Umkm

Bersama Pamella Supermarket, LAZISMU DIY Dorong Pemberdayaan UMKM

Pada Kamis (18/01) Lazismu DIY melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Manajemen Toko Ritel”. Agenda tersebut adalah bagian dari program Pemberdayaan UMKM yang merupakan program kolaboratif antara Lazismu DIY dengan LPUMKM PWM DIY dan LPCR PWM DIY. Pelatihan tersebut disambut antusias oleh para peserta, karena selain dihadiri oleh 2 orang pemateri yang hebat yaitu H.D. Iriyanto dan Himmatun Nafida, pelatihan ini juga dilengkapi dengan kunjungan langsung ke salah satu toko ritel terbesar di DIY yaitu Pamella Supermarket.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang UAD Kampus 2 unit B dihadiri oleh perwakilan Lazismu DIY, LPUMKM PWM DIY, LPCR PWM DIY,  dan peserta pelatihan yang merupakan para calon penerima dana bantuan program Pemberdayaan UMKM. Peserta pelatihan merupakan UMKM binaan dari 4 daerah yang berbeda, yaitu UMKM binaan PRM Semanu 2, UMKM binaan Lazismu Bantul, UMKM binaan PCM Wonosari, dan UMKM binaan PCM Ponjong.

Pada pemaparan materi yang pertama, H.D. Iriyanto yang juga merupakan pengurus di LPUMKM PWM DIY menyampaikan materi dengan judul “Membangun Jiwa Kewirausahaan”.  Dalam paparannya beliau menyebutkan terdapat 4 hal penting yang harus ada dalam diri seorang wirausahawan, yaitu (1) memiliki mimpi yang besar; (2) memiliki kepercayaan diri; (3) selalu belajar dan menambah wawasan; dan (4) kemauan untuk memperluas zona nyaman.

Bersama Pamella, LAZISMU DIY Dorong Pemberdayaan UMKM

“Dalam berwirausaha, motivasi juga gairah sesekali berada di atas namun bisa juga turun. Tapi apabila kita memiliki mimpi besar yang selalu diingat, maka semangat, gairah, dan motivasi akan selalu muncul setiap saat. Maka buatlah mimpi yang besar dan ingatlah selalu mimpi tersebut.” kata H.D. Iriyanto pemateri pelatihan.

Tak kalah penting, materi yang dipaparkan oleh Himmatun Nafida yang menjabat sebagai Assistant General Manager Pamella Supermarket berkenaan dengan “Strategi Bisnis dan Manajemen Operasional” mengulas tentang bagaimana cara agar UMKM dapat menjalankan manajemen yang baik. Dimulai dengan pendalaman terkait unsur pemasaran yang dijelaskan melalui konsep marketing mix, hingga pendalaman menggunakan tools SWOT.

Bersama Pamella, LAZISMU DIY Dorong Pemberdayaan UMKM

Setelah sesi penyampaian materi selesai, para peserta kemudian berkunjung ke Toko Pamella Supermarket. Selama sesi kunjungan peserta didampingi oleh pihak Pamella Supermarket sembari dijelaskan sistem operasional yang dilakukan di Pamella Supermarket. Setelah selesai, acara ditutup oleh pihak Lazismu DIY dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

“Agenda pelatihan ini merupakan bagian dari program Pemberdayaan UMKM. Agenda selanjutnya kami akan melakukan penyelesaian verifikasi data pengajuan dari para peserta, sehingga harapannya dana bantuan dapat segera diterima dan para peserta dapat memanfaatkan dana tersebut untuk membangun usaha di masing-masing tempatnya.” kata Eka Yuhendri perwakilan Lazismu DIY.

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top