36 SDG CERTIFIED LEADER DIUMUMKAN, AMIL LAZISMU SALAH SATUNYA

JAKARTA – 36 peserta dari institusi pemerintahan, organisasi nirlaba dan masyarakat sipil, perusahaan swasta, filantropi dan universitas telah lulus dari Program Kepemimpinan SDG Angkatan Kedua dan menyandang gelar SDG-Certified Leaders. Mereka adalah bagian dari Program Kepemimpinan SDG, sebuah inisiatif dari SDG Academy Indonesia yang merupakan platform kolaboratif antara the United Nations Development Programme (UNDP), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia dan Tanoto Foundation. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pemimpin di berbagai sektor dalam mengimplementasikan SDG.

Dari Agustus hingga Desember 2021, para peserta dibekali dengan pengetahuan SGDs dan kemampuan problem-solving melalui studi kasus inovatif dan praktik lapangan. Selama lima bulan, para peserta dibagi ke dalam delapan kelompok dan ditantang untuk menciptakan Karya SDG berupa program inovatif di bidang Manajemen Sumber Daya Alam dan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Dalam acara kelulusan daring pada 19 Januari 2022, Direktur Interim SDG Academy Indonesia, Siprianus Bate Soro memberikan gelar SDG-Certified Leaders kepada para lulusan angkatan kedua. Dengan ini, jumlah SDG-Certified Leaders mencapai 69 orang di mana 33 berasal dari angkatan pertama. Seluruh SDG-Certified Leaders akan bergabung ke dalam Indonesia’s SDGs Leaders Association untuk memfasilitasi pembelajaran dan kolaborasi yang lebih erat.

Dalam upaya mencetak lebih banyak SDG-Certified Leaders, SDG Academy Indonesia akan memilih 45 peserta untuk mengikuti Program Kepemimpinan SDG Angkatan 3 yang akan dimulai pada 14 Februari 2022. Angkatan 3 akan berfokus pada topik Sumber Daya Manusia & Ketenagakerjaan dan Manajemen Sampah Berkelanjutan. “Saat ini sedang dalam proses seleksi pendaftar. Kami menerima lebih dari 200 pendaftar dan ini merupakan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia,” ujar Siprianus.

Sementara itu, Vivi Yulaswati, Kepala Sekretariat Nasional SDG – Bappenas, memberikan apresiasi kepada SDG Academy Indonesia dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan publik akan SDGs. “Karenanya kami mengharapkan keberlanjutan dari SDG Academy Indonesia melalui tidak hanya mencetak champion-champion tetapi tentunya dampak yang lebih besar terhadap pencapaian SDGs,” ujar Vivi.

Selain Program Kepemimpinan SDG, SDG Academy Indonesia juga menyediakan 13 materi belajar daring melalui Program Pembelajaran Daring yang memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mempelajari berbagai topik terkait SDGs. Manajer R&D Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Sita Rahmi, meraih penghargaan “The Most Agile Leaders Award”. Ia juga menjadi bagian dari tim yang meraih penghargaan “The Best Capstone Project” (Karya SDG Terbaik) dengan topik Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah]

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top