waktu waktu mustajab berdoa doa Waktu Waktu yang Terbaik untuk Doa doa mustajab

Waktu Waktu yang Terbaik untuk Doa

Berdoa menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan anda sebagai umat muslim saat menjalankan ibadah. Doa adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Doa mustajab dapat menjadi langkah untuk menenangkan jiwa, dan jalan dari sebuah permintaan atau harapan agar diijabah Allah SWT.

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)
Berdoa mungkin bisa kapan saja dilakukan, namun perlu anda ketahui, Setiap dari kita ingin doanya dikabulkan. Maka salah satu alternatif agar bacalah di waktu-waktu mustajab. Waktu ini sangat terbaik karena doa yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah SWT, diantaranya:

Waktu Sepertiga Malam

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.
Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:             

Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

Malam Lailatul Qodar

Lailatul Qadar adalah malam yang paling dicari dan dinantikan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun karena merupakan waktu dimana kitab suci Al-Qura’an diturunkan. Selain itu keutamaan beribadah pada malam ini juga dihitung lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, malam Lailatul Qodar adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa dan menyampaikan permintaan pada Allah SWT.
Sebagaimana firmanAllah Ta’ala:

“Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)

Diantara Azan dan Iqomah

Disebutkan dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Rasulullah bersabda:
“Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu,” (HR Ahmad).

Oleh karena itu, jika sudah mendengar adzan maka sebaiknya segera berhenti melakukan aktivitas apapun. Jika sudah menjelang iqamah, perbanyak juga membaca doa karena mustajab.

Ketika Sujud dalam Shalat

Sujud sudah menjadi simbol dari umat muslim atas kelemahan dan kerendahan diri. Selain itu, sujud juga bisa diartikan sebagai bentuk kepasrahan sedalamnya kepada Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi.

Saat sujud sangat disarankan untuk membaca doa karena posisi ini paling dekat dengan sang pencipta. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam suatu hadits yang menyampaikan bahwa:

Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu,” (HR Muslim).

Agar doa semakin mustajab, jangan lupa untuk mengawalinya dengan sedekah. Caranya cukup mudah klik disini untuk bersedekah

Scroll to Top