Search
Tips Produktif Saat Berpuasa

Tips Produktif Saat Berpuasa, Kamu Wajib Tahu!

Sebagai seorang Muslim, kewajiban berpuasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Puasa Ramadhan diwajibkan kepada setiap orang Muslim yang telah mencapai usia baligh, berakal sehat, dan tidak sedang dalam keadaan sakit. Tetapi Puasa bukanlah halangan untuk tidak produktif selama Ramadan. Meski badan lemas saat berpuasa karena tidak adanya asupan yang dimakan selama seharian, namun di bulan Ramadan mempunyai banyak pahala dan manfaat di dalamnya. 

Sekarang, Mbak Laz mau kasih tips produktif saat berpuasa di bulan Ramadhan nih! Berikut beberapa tips agar tetap produktif dalam berkegiatan selama berpuasa: 

1. Membuat Daily Plan

Daily Plan membantumu untuk merencanakan kegiatan harian. Setelah sahur, catatlah aktivitas-aktivitas yang akan kamu lakukan hari itu. Jangan lupa menceklis setiap aktivitas yang telah dilakukan, agar kegiatan harianmu terorganisir dengan baik.

2. Tidak Tidur Setelah Sahur

Habbit baru saat bulan Ramadhan adalah melakukan sahur. Sahur merupakan salah satu sunnah Nabi SAW. Bagi sebagian orang, sahur merupakan sesuatu yang berat. Bayangkan, di pagi hari yang dingin kita harus bangun untuk makan sahur. Setelah sahur, kantuk pun menyerang. Akan tetapi, eiits, jangan tidur pasca saur yaa, sobat! Tidur setelah makan merupakan hal yang tidak baik. Tidur setelah sahur juga akan membuat kita menjadi malas beraktivitas di hari tersebut. So, hindari ya sobat!

Tips Produktif Saat Berpuasa

3. Tidur siang yang cukup

Saat berpuasa, asupan makan dan minum kita tentu terbatas. Maka dari itu, tidur diperlukan sebagai salah satu cara recharge energy ketika berpuasa. Tidur siang dilakukan cukup 15-20 menit, tetapi dengan kualitas tidur yang baik. In syaa Allah, meski puasa tubuh kita tidak akan kelelahan

4. Perbanyak minum air putih

Sebagai upaya menunjang produktivitas harian, air putih memiliki peran yang cukup besar. Karena, kekurangan cairan dapat membuat tubuh kita lemas dan tak bertenaga. Minum air putih 2 gelas ukuran 300 ml saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur in syaa Allah akan membuat tubuh kita terhidrasi dengan baik.

5. Perbanyak tilawah dan kajian

Sobat lazismu, bulan Ramadhan adalah saat pahala kita dilipatgandakan oleh Allah. Maka dari itu, hiasilah lisan dan telinga kita dengan hal-hal yang baik, agar Ramadhan kita produktif dan bermanfaat. Sobat bisa menyapu atau mencuci sambil menyetel kajian. Sehingga, sekali jalan dua tiga pulau terlampaui.

6. Aktif dalam Kegiatan Ramadhan

Saat ramadhan, banyak bermunculan kegiatan-kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk saling membantu dan berbagi. Salah satunya, yang dikelola oleh Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta berupa Program Kado Ramadhan, Takjil Tangguh, Mudikmu Aman, Mubaligh Hijrah, dan Bersih-Bersih Masjid.

Sobat bisa mendaftarkan diri sebagai relawan pada laman website Lazismu DIY dan Sobat bisa melakukan donasi untuk Program Ramadhan tersebut di nomor rekening

Scroll to Top