qurban lazismu-bpkh

Sedekah Qurban BPKH-LAZISMU, Membahagiakan & Menguatkan Sesama

Yogyakarta – LAZISMU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kembali mendapatkan Amanah untuk menyalurkan Program Sedekah Qurban Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia (RI) pada Idul Adha 1444 H.

Pada tahun ini, LAZISMU DIY diamanahkan untuk mendistribusikan 15 ekor Sapi di titik-titik yang membutuhkan di DIY.

Menurut Marzuki SE, Manager Regional LAZISMU DIY, 15 titik tersebut tersebar di beberapa kabupaten di DIY. “Penentuan lokasi berdasarkan pengajuan, rekomendasi dan hasil dari assessment LAZISMU DIY yang bekerjasama dengan LAZISMU daerah,” ungkapnya.

Secara umum ke 15 titik ini memang sangat membutuhkan bantuan hewan qurban, jika tidak ada bantuan dari BPKH-LAZISMU memang tidak ada qurban sama sekali. Selain itu, ada titik titik yang menjadi program penguatan akidah seperti di Kecamatan Samigaluh Kulon Progo dan Kecamatan Semanu Gunungkidul. “Alhamdulillah, 15 titik yang menjadi lokasi penerima Qurban sapi tepat sasaran dan membutuhkan,” imbuhnya.

Dari 15 titik, ada 7 titik di Kabupaten Kulon Progo seperti SD MUH Banjaran Sentolo, SMK MUH Kalibawang, Masjid At Taqwa Samigaluh, Masjid AL Amin Kokap, SD MUH Jarakan Samigaluh, SD MUH Munggangwetan Samigaluh, dan MI MUH Selo Kokap.

6 titik di Kabupaten Gunungkidul diantaranya MI MUH Sodo Paliyan, SMP MUH 2 Wonosari, Masjid Baron Tanjungsari, Masjid At Taqwa Ngawen, Masjid Al Fajri Jati Candirejo Semanu, dan Masjid Al Huda Ngalangombo Tileng Girisubo.

Selain itu ada 2 titik yang menjadi rekomendasi langsung oleh BPKH RI yaitu di Rusunawa Jongke Mlati Kabupaten Sleman, dan Masjid Al Hijrah Kampung Badran Jetis Kota Yogyakarta.

Jefree Fahana, ST., M.Kom Ketua Badan Pengurus LAZISMU DIY menambahkan, pelaksanaan Qurban kali ini harus berbasis ramah lingkungan. Penggunaan plastik sebisa mungkin dihindari diganti dengan bahan yang ramah lingkungan seperti daun jati, daun pisang, besek bambu, dan bahan lingkungan lainnya dengan memanfaatkan potensi lokal masing-masing titik dan memberdayakan sesama.

Jefree mengucapkan Terimkasih Kepada LAZISMU Pusat dan BPKH RI yang mempercayakan Sedekah Qurban melalui LAZISMU DIY. Semoga terus menjadi mitra BPKH dalam program-program kemaslahatan lainnya, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat yang benar benar membutuhkan.

Scroll to Top