Dahsyatnya sedekah di bulan ramadhan

Dahsyatnya sedekah di bulan ramadhan

Sedekah yang paling utama adalah sedekah d ibulan ramadhan, sebuah hadist yang menggambarkan bagaimana dahsyatnya sedekah di bulan ramdhan. Ramadhan adalah bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim. Rasulullah menganjurkan kita untuk menambah amalan-amalan sunah di banding bulan lainnya.

Kesempatan baik di bulan ramadhan untuk menambah pahala sebanyak-banyaknya Kita tidak boleh mensia-siakan kesempatan ini. Ada salah satu amalan sunah yang Nabi kita anjurkan dan mengutamakannya di bulan ramadhan. Amalan sunah tersebut yaitu sedekah. Keutamaan sedekah tidak hanya bermanfaat untuk sesama, namun juga berpengaruh pada diri kita. Sedekah akan meningkatkan iman ketakwaan kita kepada sang pencipta Allah SWT.

DalaM sebuah hadist Rasul SAW pernah ditanya mengenai sedekah yang paling utama. Rasulullah menjawab bahwa amalan sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan ramadhan.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةُ رَمَضَانَ (رواه البيهقي)

“Dari Anas RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya apakah sedekah yang paling utama? Beliau pun menjawab, ‘Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan,’” (HR Al-Baihaqi).

Bagaimana dahsyatnya sedekah di bulan ramadhan yang perlu kita ketahui sebagai pembangkit niat dan semangat dala mengamalkannya.

1. Pahala Akan berlipat ganda

Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda di bulan ramadhan. Seperti yang kita ketahui bulan ramadhan bulan yang spesial bagi umat muslim. Amalan-amalan sunah menjadi lahan peyempurna pahala di hari fitrah. Amalan Terawih, Tadarus Al-Quran, Dzikir dan tentu bersedekah. Dalam hadis ini menjelaskan bahwa semua kebaikan akan berlipatganda hingga 700 kali lipat. Muslim meriwayatkan hadist yang berbunyi :

“Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Semua amal kebaikan anak manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan serupa hingga 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya karena ia meninggalkan syahwat dan makanan demi Aku.’ Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu satu kebahagiaan saat berbuka puasa dan satu kebahagiaan lainnya saat menemui Tuhannya. Sungguh bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi,” (HR Muslim).

2. Pahala seperti orang berpuasa

Hadist yang diriwayatkan Al Tirmidzi menjelaskan bahwa sedekah makanan yang di pakai untuk berbuka adalah amalan yang dapat banyak pahala. Orang yang memberi makan saudara seiman untuk berbuka akan mendapat ganjaran pahala seperti orang berpuasa.

“Siapa yang memberi makanan orang yang sedang berpuasa untuk berbuka, maka baginya pahala seperti orang puasa tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala orang puasa tersebut,” (Hadits Shahih, riwayat al-Tirmidzi).

3. Memperbanyak kebaikan terakhir

Amalan baik di akhir bulan ramadhan tepatnya di 10 hari terakhir bulan ramadhan. Rasulullah mengajarkan kita bahwa perbanyak amalan di 10 hari terakhir tidak seperti hari-hari ramadhan lainnya. Nabi kita rasulullah SAW pada 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini meningkatkan ibadah beliau. Untuk mendapatkan berkahnya kita sebagai muslim sebaiknya mengikuti amalan tersebut.

“Ya Allah, berikan ganti (kebaikan, keberkahan, dll) pada orang yang berinfak. Ya Allah, hancurkanlah orang enggan berinfak (kikir).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sayyidah Aisyah R.A istri rasulullah memberi gambaran tentang Nabi Muhammad SAW bahwa Nabi kita adalah seorang dermawan dan sangat dermawan di bulan ramadhan. Apalagi bersedekahnya pada 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

Lazismu D.I Yogyakarta membuka kesempatan untuk anda yang ingin bersedekah. anda dapat membuka link Donasi Lazismu DIY : Sedekah Terbaik Untuk Yatim Piatu Campaign ini tersisah 25 hari lagi atau tepat di tgl 28 April 2022. Bantu sesama, Perbanyak kebaikan di bulan ramadhan. Percayakan urusan ini pada kami, laporan dan report akan terupdate di website Lazismu DIY.

Scroll to Top