Untuk menguatkan Pengelolaan Keuangan, Lazismu DIY Kerjasama dengan Prodi Akutansi UAD

Yogyakarta – Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) D.I. Yogyakarta (DIY) melakukan kerja sama dengan Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD. Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk magang atau praktik kerja mahasiswa ke Lazismu DIY untuk membantu menguatkan pengelolaan keuangan

Kegiatan penerjunan magang dilakukan pada hari Jumat (2/9) di Gedung Muhammadiyah DIY. Penyerahan mahasiswa magang dilakukan langsung oleh Ketua Prodi Akuntansi UAD Sumaryanto, S.E., M.Si., Ak., CA. Dihadiri oleh sekretaris Lazismu DIY Jefree Fahana, S.T., M.Kom, dan mahasiswa magang prodi Akuntansi UAD

Menurutnya, Magang ini merupakan magang program MBKM yang dapat menjadi pilihan mahasiswa setara penerapan 20 SKS mata kuliah yang dilaksanakan di luar kampus sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman rill dalam dunia kerja.

“Mahasiswa sudah bisa diperlakukan seperti staff Lazismu, dan siap bekerja dan belajar terkait dengan keuangan seperti pembukuan, pelaporan sesuai dengan PSAK. Dan juga magang ini akan dilakukan selama empat bulan.” Ujar Sumaryanto, S.E., M.Si., Ak., CA.

Selain itu, Sumaryanto juga menitipkan mahasiswanya untuk diajari berorganisasi di Muhammadiyah khususnya Lazismu serta mahasiswa juga dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh.

Dalam kesempatan yang sama, Jefree Fahanan, ST., M.Kom sekretaris Lazismu DIY saat menerima mahasiswa magang menyampaikan terimakasih kepada prodi Akuntansi UAD. Menurutnya program magang menjadi bagian yang penting karena mahasiswa dapat mendapingi Lazismu terutama dalam hal laporan keuangan.

“Tepat diterjunkan di bulan ini, semoga dapat mengenal Lazismu bisa mempelajari keuangan Lazismu dan dapat membantu persiapan audit keuangan 2022” Ungkapnya.

Jefree juga menambahkan, bahwa ilmu dilapangan nanti juga bermanfaat saat didunia kerja. Selanjutnya mahasiswa magang akan fokus untuk melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan baik bulanan dan tahunan, memfollow up catatan audit laporan kuangan tahun buku 2021 dan juga untuk persiapan audit laporan keuangan tahun buku 2022.

Selain itu, dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Lazismu DIY sudah menjalin kerja sama dengan kampus UAD, sebelumnya program MBKM telah berjalan dengan program studi Teknik Informatika UAD dengan mengembangkan program layanan basis digital

Bersama prodi TI UAD sudah berjalan untuk dua kali untuk program MBKM dan untuk prodi Akuntansi UAD baru pertama kali kerja sama. Dengan durasi magang yang sama yaitu selama empat bulan. Harapannya dari ini, mengabdi di suatu lembaga atau institusi sebagai wadah pembelajaran mahasiswa di lapangan agar bisa berkesempatan mengembangkan kreativitas yang diperoleh selama mengenyam ilmu akademik di kampus

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top