Search

Sinergi Bank BPD DIY Syariah dan Lazismu DIY Bagikan bantuan Anak Yatim Piatu

Yogyakarta – Pandemi masih memberikan kesan perhatian akan masalah disetiap sisi lini kehidupan termasuk dalam keluarga. Sebanyak 1000 lebih anak ditinggal orang tua meninggal akibat terpapar covid-19 tersebar di 5 daerah di DIY. Membuat adanya sinergitas antara Lazismu DIY dengan Bank BPD DIY Syariah untuk membantu keluarga miliki anak yatim piatu akibat covid-19.

Dalam acara pentassyaruffan pemberian santunan sembako kepada keluarga anak yatim piatu pada hari Senin (20/12) dilakukan secara tatap muka di Gedung Muhammadiyah DIY dan dihadiri oleh Badan Pengurus Lazismu DIY bapak Eka Yuhendri, ketua MPS PWM DIY Ridwan Furqoni dan perwakilan pengurus BPD DIY Syariah bapak Andrew.

Pendataan anak yatim piatu dilakukan secara terbuka kemudian akan dilakukan assessment berkala oleh Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM DIY dengan mendatangi rumah masing-masing dilakukan berbasis cabang Muhammadiyah dengan pertimbangan lebih dekat domisili anak dan akurat.

“Pengisian data perolehan anak yatim-piatu dilakukan oleh cabang Muhammadiyah setempat dengan melihat keefektifan tempat dan waktu sehingga miliki data yang pasti, kemudian di pastikan juga anak memiliki pengasuh secara layak. Selama ini Muhammadiyah DIY sendiri sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk berikan beasiswa pendidikan secara layak pada anak”. ujar Ridwan Furqoni

Anak yang ditinggal pengasuh utama menjadi yatim piatu menjadi tanggung jawab bersama melalui program pemberdayaan dengan memberikan santunan dan mencarikan pengasuh pengganti, hal ini yang menjadi prioritas program untuk mengoptimalkan dalam pengsuhan kepada anak sehingga menjadi tumbuh secara berkualitas.

“Mayoritas anak yang ditinggal orang tua meninggal akibat terpapar covid merupakan anak yang belum baligh, ini menjadi tanggung jawab siapa?, menjadi tanggung jawab bersama dengan memberikan pengasuhan dan bantuan melalui dana zakat yang terkumpul. Mengajak masayarakat dan mitra untuk terus berkomitmen membantu para fakir miskin”. kata Eka Yuhendri

Melalui program tersebut, Lazismu DIY terus memberikan pelayanan terbaik dengan mengajak mitra termasuk Bank BPD DIY Syariah ikut meringankan beban keluarga kaum dhuafa selama masa pandemi.

“Bank BPD DIY Syariah sudah berajalan 14 tahun untuk terus melayani kebutuhan masyarakat dengan konsep syariah, selama adanya pandemi yang menyisakan masalah harus di selesaikan bareng-bareng, oleh karena itu sebagai rasa syukur bersama Lazismu DIY bisa melakukan pemberdayaan” kata Andrew dari Bank BPD DIY Syariah.

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top