Rakernas Lazismu 2022 usung tema “Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDG’s”

JAKARTA — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lazismu akan digelar mulai dari Jum’at hingga Ahad (10-12/12) di Jakarta, diawali dengan dua agenda yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Training of Trainer (ToT) Pengisian SIM Anggaran dan Sosialisasi SIM Akuntansi ZISKA yang telah diselenggarakan pada tanggal 23-25 November 2021 di Yogyakarta secara luring. Agenda berikutnya adalah Pra Rakernas yang berlangsung secara daring pada Kamis (8/12) dan diikuti oleh perwakilan Badan Pengurus, Dewan Syariah, dan Badan Pengawas Lazismu tingkat wilayah seluruh Indonesia.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Mahli Zainuddin Tago dalam sambutannya menjelaskan mengenai pelaksanaan kegiatan Pra Rakernas yang juga ditayangkan melalui media sosial Youtube ini. “Pada hari ini sesuai dengan rencana kita melaksanakan Pra Rakernas. Sebenarnya ini adalah agenda kedua dari Pra Rakernas, Pra Rakernas yang pertama berupa bimtek SIM Keuangan yang dilakukan offline dan berjalan lancar. Nanti insya Allah pada saat rakernas SIM ini akan kita launching,” paparnya.

Mahli kemudian menyebutkan, Pra Rakernas akan diisi oleh pengarahan dari Bendahara PP Muhammadiyah, Marpuji Ali, kemudian pemaparan dari Dewan Syariah dan Badan Pengawas Lazismu PP Muhammadiyah, serta dilengkapi oleh presentasi laporan dari Lazismu tingkat wilayah. “Hari ini Pra Rakernas dalam bentuk pertama adalah pengarahan dari Bapak Marpuji Ali, yang kedua pemaparan dari Dewan Syariah dan Badan Pengawas, dilanjutkan dengan laporan dari Lazismu Wilayah,” sebutnya.

Rakernas Lazismu 2022 kemudian akan dibuka pada hari Jum’at (10/12), dengan mengusung tema “Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDG’s” yang dimaknai sebagai solusi baru bagi permasalahan masyarakat dengan cara yang efektif, efisien, dan berkelanjutan, dan memberikan dampak terukur bagi penerima manfaat. “Pada hari Jum’at nanti kita fokus pada materi Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDG’s, tema dari rakernas ini. Kemudian pembacaan laporan Lazismu Nasional, kemudian sharing program Lazismu Wilayah,” ujar Mahli.

Sementara itu, pada hari kedua pelaksanaan Rakernas Lazismu 2022 akan diisi dengan pemaparan target Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL). IKU adalah ukuran-ukuran pencapaian organisasi dalam proses penguatan tata kelola kelembagaan Lazismu serta pencapaian kebijakan yang telah dikeluarkan secara lebih operasional secara nasional. Sementara itu, IKAL adalah ukuran-ukuran pencapaian organisasi dalam merealisasikan program pengelolaan, khususnya penyaluran dan pendayagunaan dana zakat, infak, shadaqah, dan dana sosial keagamaan lainnya (ZISKA) secara nasional. Indikator yang ditetapkan disesuaikan dengan kebijakan organisasi yang membingkai pencapaian kinerja di enam bidang atau yang disebut dengan Enam Pilar Lazismu.

“Hari Sabtu yang akan datang kita akan melihat paparan target IKU/IKAL untuk 2022 dan program prioritas serta beberapa materi-materi pokok lainnya. Dengan memisahkan beberapa agenda itu, diharapkan tujuan-tujuan pokok kita bisa tercapai dan tidak terlalu melelahkan kita semua,” terang Mahli.

Mahli pun mengucapkan terima kasih kepada Marpuji Ali yang telah mendampingi Lazismu dalam menjalankan amanah umat, serta kepada Badan Pengawas serta Dewan Syariah Lazismu sehingga Lazismu dapat berjalan dengan optimal. “Untuk itu saya tentu mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marpuji Ali yang tidak bosan-bosannya mendampingi kami, Badan Pengurus. Tentu juga kami ucapkan terima kasih kepada Badan Pengawas dan Dewan Syariah yang selalu mendampingi Badan Pengurus, Eksekutif, Amil di menteng dan di seluruh tanah air sehingga Lazismu ini bisa berjalan secara optimal,” harapnya.

Terakhir, Mahli menutup dengan pantun yang khusus dibuat untuk pembukaan acara Pra Rakernas ini.

Gunung Merapi indah sekali

Gunung Merbabu kokoh dan tinggi

Pak Marpuji selalu mendampingi

Langkah Lazismu menjadi makin bersinergi

Simpang jalan di Bukit Barisan

Jalan berliku sampai ke Pantai Padang

Badan Pengawas selalu lakukan pengawasan

Lazismu tidak tersesat di jalan yang terang

Dari Mempawah jalan ke Pontianak

Banjarbaru aduhai indahnya

Dewan Syariah selalu ditunggu selalu arahannya

Agar Lazismu melangkah sesuai nas dan kaidah-kaidahnya

[PR Lazismu PP Muhammadiyah]

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top