Mengenal Ramadhan Melalui Bimbo

Mengenal Ramadhan Melalui Bimbo

Marhaban ya Ramadhan, Sobat Lazismu. Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Ibadah puasa dan tarawih yang tidak kita temui di bulan-bulan lain selain Ramadhan. Gimana puasanya, Sob? Masih aman? Atau adakah yang sudah batal? Wah, semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal yang membatalkan puasa ya, Sob!

Mbak Laz pengen tanya nih, Sobat Lazismu rata-rata umur berapa ya? Kepala tiga? Kepala dua? Atau generasi Z. Wah, beragam sekali yaa.. Disini, Mbak Laz mau kupas sedikit tentang Ramadhan yang diabadikan dalam sebuah karya musik oleh group band Bimbo. Melansir dari Wikipedia, Bimbo merupakan sebuah grup musik asal Bandung yang didirikan sekitar tahun 1966. Wah, Sobat Lazismu sudah pada lahir belum ya?

Berikut lirik bait pertama pada lagu Bimbo yang berjudul “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya”

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya

Nah, kira-kira Sobat Lazismu bisa bantu Si Bapak untuk menjawab ngga nih?

Puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkan. Lantas, kenapa sih Allah menyuruh kita untuk melakukan puasa satu bulan penuh? Merangkum artikel jurnal yang ditulis oleh Partini dan Fakhruddin (2021) manfaat berpuasa terbagi dalam dua pandangan. Yaitu dari segi agama dan segi kesehatan. Nah, kita intip yuk manfaat berpuasa tersebut!

  • Segi Agama
  • Orang yang berpuasa akan diangkat derajatnya, dilipatgandakan pahalanya, dan diampuni dosa-dosanya.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya: “barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni“.

  • Puasa dapat mengantarkan manusia selamat di dunia terlebih di akhirat.

Rasulullah Saw. bersabda: Artinya: “Dari Abu Hurairah ra; Bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Puasa itu penjaga (perisai), maka janganlah berkata-kata buruk (rafats) dan jangan berbuat kebodohan. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah “Sesungguhnya saya ini sedang berpuasa” (ia mengulang ucapannya dua kali). Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada harumnya minyak kasturi, Ia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Puasa itu bagiKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya, sedang kebaikan itu (dibalas) dengan sepuluh kebaikan yang serupa. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya “. (HR. Bukhari)9

  • Puasa itu berperan sebagai pelindung manusia dalam segala perbuatan maksiat seperti perkataan buruk, berbuat kebodohan, berkelahi, menghina dll
  • Allah Swt. juga telah menyediakan syurga bagi para ahli puasa, sebagaimana Rasulullah Saw. bersabda: Artinya: “Dari Sahl r.a ia berkata Nabi Saw.bersabda: “Dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada hari qiyamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka; Mana para shaimun, maka para shaimun berdiri menghadap. Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya, maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut.” (HR. Bukhari)
  • Segi Kesehatan (Sains)
  • Mengobati kegemukan (Obesitas)

Terkait obesitas dari tinjauan ilmiah, sebuah penelitian menjelaskan bahwa dengan puasa dapat mengurangi berat badan.

  • Mengobati Penyakit Gula

Pada saat berpuasa selama 12-18 jam, kadar gula dalam darah akan mengalami penurunan sampai ke titik 60- 70 mg/100 ml darah.

  • Mengobati penyakit lambung

Beberapa studi dan percobaan yang dilakukan para peneliti muslim, mengisyaratkan bahwa puasa sangat berguna untuk menyembuhkan radang lambung. Karena puasa berperan menormalkan kadar asam dalam lambung yang diyakini sebagai sebab utama terjadinya asam lambung, juga mengatur pengeluaran zat-zat asam yang mencerna di dalamnya.

Kemudian, apa aja sih manfaat tadarus?

Tadarus adalah kegiatan qiraah sebagian orang atas sebagian yang lain sambil membetulkan lafal-lafalnya dan mengungkap makna-maknanya. Dapat disimpulkan bahwa tadarus al-quran adalah membaca dan mempelajari ayat-ayat Al-Quran yang dilakukan bersama-sama secara bergantian. Maksudnya ada salah seorang yang membaca sedangkan yang lain menyimak begituseterusnya secara bergantian. Dengan cara ini akan terjaga kebenaran dan ketartilan dalam membaca ayat-ayat al Quran (Syarifudin 2004).

Tadarus al-qur’an atau kegiatan membaca al-qur’an merupakan bentuk peribadatan yang diyakini dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt. dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang berimplikasi pada sikap dan perilaku positif, dapat megontrol diri, dapat tenang, lisan terjaga dan istiqomah dalam beribadah (Sahlan 2010).

Lalu, tarawih itu apalah gunanya?

Sholat tarawih memberikan manfaat mendekatkan diri seorang hamba pada Rabb-nya, Sholat tarawih juga dapat dijadikan sebagai alternatif olahraga setelah berbuka.

Lalu, bagaimana jawaban Si Bapak?

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci

Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi

Nah, begitu banyak manfaat yang kita dapat dari berpuasa, tadarus, dan tarawih ya, Sobat! Selain dari yang sudah Mbak Laz spill diatas, masih ada banyak lagi manfaat lain bagi tubuh kita. Mengingat betapa hebatnya hal-hal tersebut diatas, jadi jangan ditinggalkan ya, Sobat!

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top