Lazismu DIY Target Terhimpun Dana ZIS di Ramadhan 2022 Sebesar 22 Miliar

Yogyakarta – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) DIY menargetkan pengumpulan dana Zakat Infaq Sedekah (ZIS) pada bulan Ramadhan 2022 sebesar 22 miliar atau 50 persen pencapaian dari target keseluruhan selama 2022 sebesar 45 miliar di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. (19/3)

Target pencapaian tersebut disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Lazismu DIY di Wisma Sargede diikuti oleh lima perwakilan Lazismu tiap daerah untuk menyampaikan target pencapaian dan strategi penghimpunan.

“Sesuai amanat di Rakerwil Lazismu target pencapaian tahun 2022 sebanyak 45 miliar harapannya 50 persen penghimpunan berada di bulan ramadhan” ujar Cahyono ketua Lazismu DIY.

Cahyono menjelaskan, tema yang diangkat ramadhan 2022 adalah ‘Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh’. Kemudahan masyarakat dalam menunaikan kebaikan dengan bersedekah, berinfaq dan berzakat harus di fasilitasi oleh Lazismu dengan berbagai alat dan strategi.

Perumusan strategi pencapaian ideal setiap daerah dengan pengemasan program secara kreatif dan unik sesuai kondisi kemampuan masing-masing sumber daya yang dipunya. Capaian perolehan ramadhan 2021 diperoleh secara keseluruhan belum sepenuhnya mencapai target dikarenakan berbagai faktor salah satunya kendala pelaporan setiap daerah dari tingkat ranting.

Pengemasan program setiap daerah memiliki caranya masing-masing seperti yang dilakukan oleh Lazismu Dearah Kulon Progo dengan memfasilitasi spanduk dan banner untuk di pasang setiap masjid. “Lazismu Daerah Kulon Progo akan memfasilitasi spanduk dan banner untuk sosialisasi program ramadhan 2022” kata Heri Lazismu Daerah Kulon Progo.

Seperti halnya di Kulon Progo, wilayah kabupaten Sleman dan Gunungkidul juga memiliki konsep penghimpunan sama dengan melalukan sosialisasi program ramadhan berbagai macam, seperti halnya dengan pemasangan iklan di media massa ataupun Koran dan televisi lokal. Selain pemasangan iklan dan sosialisasi program ramadhan, juga dengan memaksimalkan alat fundraising digital nya seperti yang dilakukan oleh Lazismu Daerah Bantul dengan melakukan pelatihan rutin digital fundraising.

Dai Iskantor selaku ketua Lazismu Kota Yogyakarta mengatakan pemaksimalan data base Muzaki menjadi penting karena menjadi sasaran sosialisasi efektif. “Memberikan aksi layanan real untuk berikan kepercayaan kepada Muzaki”

Selain itu Lazismu mempunyai program pendayagunaan atau penyaluran dana ZIS melalui program Ramadhan, setidaknya terdapat rencana program penyaluran Ramadhan 2022 yaitu UMKM Tangguh, Ramadhan Ceria, Takjil Tangguh, Masjid Tangguh, Isoman Tangguh, Guru Tangguh dan Sekolah Tangguh.

Pelaksanaan program Ramadhan 2022 dilakukan mulai tanggal 20 Februari hingga 12 Mei 2022 yang diselenggarakan secara nasional oleh kantor Lazismu wilayah hingga kantor layanan. Lazismu DIY mempunyai program penghimpun dan penyaluran Zakat Fitrah.

Related Posts

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top