Search

Gantikan Plastik dengan Besek : Green Kurban Upaya LAZISMU DIY dan BPKH Berbagi dengan Semangat Peduli Lingkungan

Konsisten peduli lingkungan LAZISMU DIY kembali salurkan hewan kurban gunakan besek bambu sebagai pengganti kantong plastik. Melihat saat ini sampah di Yogyakarta mengalami peningkatan yang sangat pesat sehingga memicu munculnya ide peduli lingkungan tersebut.

Program berbagi sedekah hewan kurban menggunakan besek bambu ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan sejak pertama kali dijalankan pada momen iduladha 1444 H.

Jefree Fahana, ST., M.Kom Ketua Badan Pengurus LAZISMU DIY menambahkan, pelaksanaan kurban seperti tahun sebelumnya harus berbasis ramah lingkungan. Penggunaan plastik sebisa mungkin dihindari diganti dengan bahan yang ramah lingkungan seperti daun jati, daun pisang, besek bambu, dan bahan lingkungan lainnya dengan memanfaatkan potensi lokal masing-masing titik dan memberdayakan sesama.

Dengan semangat yang sama, pada Iduladha 1445 H, penggunaan besek bambu sebagai pengganti plastik. Selain ramah lingkungan, penggunaan besek bambu juga memberikan nuansa kearifan lokal Indonesia mengingat jenis besek bambu ini sudah digunakan turun temurun oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, upaya mengganti kantong plastik menjadi besek bambu adalah salah satu cara meningkatkan penghasilan dan pemberdayaan pengrajin di Indonesia.

LAZISMU DIY menerima 15 ekor hewan kurban yang akan di distribusikan kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, terdiri dari 11 ekor sapi dan empat ekor kambing. Sehingga mempersiapkan kurang lebih 1.460 besek bambu sebagai wadah pembagian daging kurban yang akan dibagikan ke 13 titik.

Menurut Marzuki SE, Manager LAZISMU DIY, ada 13 hewan kurban yang di distribusikan BPKH yaitu 9 ekor sapi dan empat ekor kambing. Hewan tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di beberapa kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta. Setidaknya ada 11 titik yang menjadi lokasi penerima kurban sapi dan kambing dengan harapan tepat sasaran dan membutuhkan.

Berita Terakhir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top